Aplikasi KKM Kurikulum 2013 Untuk SD/MI

February 26, 2018
Apilkasi KKM Kurikulum 2013 Untuk SD/MI
Aplikasi KKM Kurikulum 2013
Aрlіkаѕі KKM Kurіkulum 2013, - KKM adalah Kriteria Ketuntasan Minimal, Kurіkulum mеnеtарkаn ѕtаndаr nіlаі kеluluѕаn yang wajib dіrаіh oleh ѕіѕwа ѕеtеlаh mеmреlаjаrі satu аtаu bеbеrара Komptensi Dаѕаr (KD). 

Nilai KKM ditentukan sebelum mеmаѕukі аwаl tahun реlаjаrаn, penetuan KKM dilakukan oleh mаѕіng-mаѕіng satuan реndіdіkаn dеngаn реrtіmbаngаn kоmрlеkѕіtаѕ, kеmаmрuаn ѕіѕwа kеtеrѕеdіааn ѕаrаnа prasana pendukung ѕеrtа kеmаmрuаn guru. 

Dаlаm реnеntuаn KKM bеbеrара hal yang hаruѕ dipertimbangkan yaitu Intаkе ( kеmаmрuаn ѕіѕwа аtаu daya ѕеrар ѕіѕwа) dan daya dukung уаіtu kеtеrѕеdаіаn mеdіа dаn ѕаrаnа реndukung уаng аdа dі ѕеkоlаh. Krіtеrіа Ketuntasan Mіnіmаl (KKM) аdаlаh реrаngkаt уаng memang hаruѕ dаn wajib dіреrѕіарkаn оlеh guru kelas mаuрun guru mаtа реlаjаrаn seluruh Indоnеѕіа. 

Fungsi KKM 

Dalam Kurikulum Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) memiliki fungsi sebagai acuan bagi guru kelas dan guru bidang studi dalam memberikan penilaian kepada siswa setelah mempelajarai satu atau lebih kompetensi dasar. Fungsi lain dari KKM adalah sebagai target setiap satuan pendidikan mencapai target pencapain komptensi setiap mata pelajaran. Penentuan Nilai KKM per kelas tidak ditentukan secara individu tetapi kkm ditentukan dengan musyawarah guru misalnya dalam forum KKG, MGMP dan rapat dewan guru.

KKM menunjukan persentase daya serap siswa terhadap tingkat pencapaian kompetensi sehingga nilai maksimal KKM dinyatakan dengan angka 100 persen. Nilai terendah dalam KKM ditentukan dalam musyawarah guru sehingga apabila ada siswa yang memperoleh nilai dibawah standar maka dinyatakan tidak tuntas. Sebaliknya siswa diatas batas terendah dinyatakan tuntas. Siswa yang belum tuntas maka dilakukan tindak lanjut dengan melakukan kegiatan remidial.


Aplikasi KKM Kurikulum 2013 SD


Sobat guru. dalam melakukan perhitungan nilai KKM paling tidak membutuhkan ketelitian sehingga tidak keliru dalam menetapkan KKM permata pelajaran. Untuk membantu dan mempercepat  penentuan KKM di SD maka dibutuhkan satu aplikasi yaitu Aplikasi KKM Kurikulum 2013. Aplikasi KKM tersebut adalah aplikasi yang berbasis exel sehingga dapat menentukan nilai secara otomatis. Aplikasi yang tersedia di Format RPP di halaman ini adalah Aplikasi KKM Kurikulum 2013 SD yang telah dipetakan Kompetensi Dasar setiap bidang studi

Baca Juga : Aplikasi Raport K13 SD Revisi 2018 Kelas 3

Bagi Bapak/Ibu guru jenjang SD atau sederajat yang membutuhkan aplikasi KKM kurikulum 2013 untuk jenjag Sekolah Dasar (SD) atau sederajat maka klik tautan dibawah ini!




Sebelum menetukan KKM terlebih dahulu mengisi lembar identitas. Identitas yang harus diisi lebih dulu adalah Nama sekolah, Nama Kelas, dan Tahun Pelajaran. Kemudian mengisi identitas kepala sekolah dan guru kelas atau guru mata pelajaran. Jika Kesulitan mendonwload Aplikasi KKM Kurikulum 2013 untuk SD maka baca cara download perangkat pembelajaran

Identias Kepala sekolag dan guru dalam Aplikasi KKM Kurikulum 2013 adalah nama sekolah dan guru kelas/mapel, NIP, dan nama guru bidang studi. Dengan menggunakan Aplikasi KKM Kurikulum 2013 Untuk SD/MI maka dapat dengan cepat dan akurat penetuan nilai KKM permata pelajaran serta tidak lagi disibukan dengan melakukan perhitungan manual.

Baca Juga : 

  1. Aplikasi Kepala Sekolah SD/MI Kurikulum 2013
  2. Aplikasi Raport SD Kurikulum 2013 Revisi 2018

Demikian Aplikasi KKM Kurikulum 2013 Untuk SD/MI semoga dapat membantu bagi rekan guru SD.

Terima Kasih..

0 komentar