Aplikasi Raport K13 SD Revisi 2018 Kelas 3

July 21, 2018

Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 SD 


Aplikasi Raport K13 SD

Aplikasi Raport K13 SD - Salam Damai Sejahtera Editor Format RPP ucapkan kepada rekan pendidik dimanapun berada, Semoga dalam keadaan sehat walafiat. Pelaksanaan Kurikulum 2013 mulai diterapkan untuk semua satuan pendidikan seluruh tanah air, buktinya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia membuka diklat K13 setiap daerah kabupaten. Beralihnya KTSP menuju Kurikulum 2013 (K13) ikut mempengaruhi pergantian mekanisme penilaian siswa dalam proses belajar mengajar. Salah satu format penilaian siswa adalah buku raport siswa mekanisme pemberian nilai dalam buku raport siswa dalam kurikulum 2013 harus melalui standar dan prosedur dalam K13. Oleh karena itu untuk mempermudah mengolah nilai siswa maka para master mencoba membuat aplikasi raport yang support dengan K13 revisi 2018.

Aplikasi raport yang support dengan K13 yang dibuat oleh para master saat ini adalah Aplikasi Raport K13 SD Revisi 2018 Kelas 3  yang sangat cocok untuk digunakan pada penerapan dan proses penilaian K13 revisi 2018 serta dapat digunakan oleh satuan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah(MI). Untuk diketahui bahwa aplikasi raport k13 SD ini hanya berlaku satu semester saja yaitu untuk semester 1.  Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SD Edisi Revisi 2018 hanya untuk kelas 3 dan kelas 6 SD/MI yang berupa file exel yang dapat menghitung secara otomatis. Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan Aplikasi Raport K13 SD ini adalah data awal sehingga dapat awal yang telah diisi akan berlanjut terus ke format-format berikutnya.


Cara Menggunakan Aplikasi Raport K13 SD Revisi 2018


Untuk menggunakan Aplikasi Raport Kurikulum SD Revisi 2018 pertama-tama harus mengisi lebih awal data satuan pendidikan. Data satuan pendidikan yang perlu di isi dalam dalam aplikasi raport k13 SD edisi 2018 ini adalah nama sekolah,, NPSN, NSS, alamat lengkap sekolah, kode pos, email, website (jika ada), nama kepala sekolah, nama guru kelas, kelas, semester dan tahun pelajaran.

Menu-Menu Yang Di Isi dalam Aplikasi Raport K13 SD Revisi 2018

Setelah melengkapi data satuan pendidikan maka di lanjutkan untuk menginput mengisi isian dalam menu-menu yang terdapat aplikasi raport Kurukulum 2013 SD. Menu yang terdapat didalam aplikasi tersebut juga akan berkelanjutan ke format-format beriktunya. Kesalahan. Kesalahan dalam mengisi isian setiap menu akan mempengaruhi format berikutnya. Oleh kerena itu hindari kesalahan pengisian awal dalam setipa menu

Menu Data Siswa Pada Aplikasi Penilaian K13 SD

Data siswa adalah isian yang paling penting karena subjek penilaian adalah siswa. Oleh karena itu data siswa diisi dengan benar sehingga menghasilan identitas siswa yang benar pula. Hal-hal yang di isi dalam data siswa adalah, nomor urut, nama siswa, tanggal lahir, jenis kelamin, agama, pendidikan sebelumnya, alamat, nama orang tua (ayah dan Ibu) jenis pekerjaan orang tua, dan nama wali murid jika ada.

Menu KKM Raport K13 SD

Menu Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah standar nilai terendah untuk mengukur ketercapai ketuntasan minimal. KKM adalah standar nilai terendah maka menu KKM perlu di isi sesuai KKM yang telah ditetapkan oleh guru maupun musyawarah guru. Siswa akan dapat dinyatakan lulus apabila nilai hasil belajar mencapai standar KKM yang ditetapkan. 

Deskripsi KKM pada aplikasi penilaian K13 SD 2018 ini yaitu A= Sangat Baik Dalam, B= Baik Dalam, C=Cukup Dalam dan D= Perlu Bimbingan Dalam

Edit Kompetensi Dasar (KD)

Bagian edit KD adalah isian yang wajib diisi oleh guru. Pada bagian Edit KD ini tidak terkunci artinya kita bisa menyesuikan dengan keadaan yang ada sesuai kondisi sekolah setempat. Misalnya kita bisa mengganti redaksi Kompetensi Dasar, nama mata pelajaran, serta dapat kita kurangi dan menambahkan kolom ke bawah. Kita bisa mengganti dan menambahkan mata pelajaran yang ada di dalamnya.

Absensi Dan Ekstrakurikuler

Nama yang terdapat dalam format absensi dan ekstrakurikulum yang terdapat aplikasi raport k13 SD sudah otomatis ada. Hal-hal yang diisi dalam Absen dan Ekstrakurikuler adalah Absen (sakit, Ijin, Alpa), tinggi dan berat badan (semester 1 dan 2), kondisi kesehatan( pendengaran, penglihatan, gigi, prestasi siswa. Isian-isian ini dapat kita edit, ditambahkan atau dikurangi.

Sikap Spiritual (KI1) Sikap Sosial (KI2)

Yang diinput dalam menu Sikap Spiritual (KI) pada aplikasi raport k13 SD 2018 adalah pemberian angka maka deskripsi raport juga akan berubah sesuai ketegori angka yang diisi. Muatan Mata Pelajaran yang terdapat dalam aplikasi raport Kurikulum 2013 SD adalah Pendidikan Agama dan Budipekerti dan PPKn ( Ketaatan Beribadah, Perilaku Syukur, Berdoa sebelum dan Sesudah Toleransi Dalam Beribadah)

Untuk mengisi KI1 dan KI 2 bisa langsung ke tombol mata pelajaran lalu isi angka nantinya deskripsi di raport akan berubah. Sedangkan untuk selalu embali ke menu utama maka klik tombol HOME 

Halaman sampul pada aplikasi raport K13 SD yaitu halaman depan yang memuat identitas sekolah, siswa, dan kelas Halaman sampul raport menggunakan kertas yang bersih dan rapih . Halaman belakang adalah adalah memuat kegiatan ekstrakurikuler dan halam nilai yaitu memuat nilai siswa. Kerta yang digunakan untuk print raport K13 SD adalah kerta ukuran F4 dan margin legal.

Download Aplikasi Penilain K13 SD Revisi 2018 Kelas 3 dan 6

Aplikasi Raport K13 SD Tahun 2018 ini telah buatkan file rar setelaj bapak/ibu download maka harus ekstract terlebih dahulu untuk dapat membuka dan menggunakan aplikasi tersebut. 

Bagi bapak ibu guru yang membutuhkan aplikasi raport k13 SD maka dapat download dengan mudah. untuk mendownload aplikasi raport kurikulum 2013 untuk SD/Kelas 3 maka klik tautan download dibawah ini!


Aplikasi Raport K13 SD Revisi 2018 Kelas 3 = [ DOWNLOAD]

Demikian Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Tahun 2018 untuk Kelas 3 semoga bermanfaat bagi rekan guru kelas 3 SD/MI

Baca Juga : 

  1. Buku Kurikulum 2013 SD Untuk Guru dan Siswa Kelas 3 Dan 6 Revisi 2018
  2. Aplikasi Kepala Sekolah SD/MI Kurikulum 2013
  3. Aplikasi Raport SD Kurikulum 2013 Revisi 2018

Terima Kasih.

0 komentar