Cara Mencetak Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Di DHGTK

March 03, 2018
Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak
Mencetak Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)- Sobat Operator sekolah yang budiman Untuk mencetak SPTJM tidak bisa menggunakan akun operator dapodik atau tidak bisa login menggunakan user (email) dan paspor login aplikasi dapodik tetapi hanya bisa login menggunakan akun Kepala Sekolah. Untuk dapat mencetak Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak dilakukan pada akhir bulan namun sebelum mencetak pastikan data kehadiran guru (DHGTK) sudah benar/sesuai dengan kenyataan lalu kemudian melakukan penguncian kehadiran guru. Apabila sudah mengunci kehadiran guru maka tidak dapat edit kembali lagi.

Akun Kepala Sekolah Dalam Hadir GTK bisa juga melakukan centang kehadiran guru tidak mesti menggunakan akun operator dapodik. Ketika login menggunakan akun kepala sekolah maka user id milik kepala sekolah akan muncul di halaman depan Hadir GTK. Selain itu Akun kepala sekolah dapat memperbaiki kehadiran guru apabila data kehadiran guru belum dikunci  menggunakan akun kepala sekolah.

Bagaimana Cara Membuat Akun Kepala Sekolah?


Tanpa akun kepala sekolah maka tidak bisa mengunci Hadir GTK serta tidak dapat pulan mencetak Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak. Untuk membuat akun kepala sekolah sebenarnya sudah perna dibuat oleh OPS hanya saja pada saat pembuatan akun kepala sekolah sering tidak menyimpan user dan paspor yang telah dibuat atau mungkin  karena lupa

Begini cara membuat akun kepala sekolah agar dapat mengunci dan mencetak Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) :

  1. Login ke aplikasi dapodik
  2. Klik GTK 
  3. Pilih Kepala Sekolah
  4. Di Data Rinci Isi email kepala sekolah. Disarankan untuk menggunakan email aktif yang memang dibuat di siswa online.
  5. Klik simpan
  6. Setelah menyimpan klik penugasan 
  7. Buat paspornya disarankan paspor kepala sekolah disimpan saja agar mudah diingat, bila perlu disimpan di PC/leptop
  8. synron dapodik

Setelah dapodik di syncron maka harus menunggu minimal 1 x 24 jam untuk login ke Hadir GTK menggunakan akun kepala sekolah

Cara Kunci dan Mencetak Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)


Sebagaimana yang dikemukakan diatas bahwa untuk mengunci dan mencetak Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) serta memperbaiki data kehadiran guru pada bulan yang lalu hanya bisa dilakukan menggunakan akun kepala sekolah.

Cara login menggunakan akun kepala sekolah

Untuk login menggunakan akun kepala sekolah pastikan email dan paspor yang dibuat dipenugasan dalam aplikasi dapodik telah diingat/disimpan., jika tidak sesuai maka akan muncul user dan paspor tidak sesuai. Pastikan juga sudah melakukan synsron dapodik

  • Kunjungi Link Hadir GTK http://223.27.153.195
  • Masukan NPSN sekolah - User/email dan paspor kepala sekolah yang terdaftar di dapodik
  • Halaman depan muncul tombol Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)
 Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak



  • Bagian bawah muncul juga user id kepala sekolah sebagai pengguna login Hadir GTK
  • Klik Kunci dan Buat SPTJM
  • Muncul menu-menu pilihan dalam SPTJM yaitu Semester, bulan, refresh, kunci data hadir, simpan bdan cetak PDF.
Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak
Catatan :

Jangan langsung klik Kunci Data Hadir jika dirasa masih ada harus diperbaiki, lakukan koreksi terlebih dahulu dengan menggeser ke bawah untuk melihat hasil centang kehadiran guru.
  • Tabel kehadiran guru dan tenaga kependidikan yang terdapat dalam SPTJM adalah Absen Kehadiran guru pada bulan yang dipilih
  • Lampiran 1  adalah Rekap Kehadiran 
  • Lampiran 2 adalah rekap kehadiran perminggu
  • Keterangan Kehadiran Guru dalam setiap Lampiran adalah H = hadir, B sakit, I Izin, DL Dinas Luar, C cuti, dan TK adalah tanpa ketarangan. Pastikan lampiran kehadiran guru sudah sesuai sebelum mengunci data kehadiran guru.
  • Jika sudah sudah benar maka beri tanda centang setuju dan kunci daftar hadir
Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak



  • Centang saya setuju
  • Centang Kuncu Daftar Hadir
  • Klik tombol merah Kunci Daftar Hadir
  • Klik Cetak PDF untuk memprint Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Di DHGTK
  • Selanjutnya SPTJM di tanda tangan dan di cap oleh kepala sekolah
Demikian cara mencetak Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Di DHGTK semoga bermanfaat. dengan mengkunci daftar hadir guru maka tidak dapat lagi melakukan perbaikan atau edit daftar hadir guru.

Thanks,, Ruben///

0 komentar